Olahraga Sebagai Tonggak Negara Untuk Maju

Telah di Baca 2076 kali

Makasar (Tatasumitra.com); Olahraga itu sebagai tonggak negara untuk maju itu nomor satu, kalau tidak ada olahraga kita susah, susah untuk siraturahim misalnya, karena jiwa orahraga rata-rata orang yang juara itu punya mental baja, di siplin dan bijaksana, demikian disampaikan Zulkarnain ketua wasit olahraga catur tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional saat diwancarai di Hall Hotel Kenari, Makasar, Sulawesi Selatan, Rabu (5/8).

Dengan bermain olahraga catur menurut Zulkarnain seorang siswa bisa terbentuk karakter kemandirian, kedisiplinan dan jiwa kepemimpinannya serta mental dan etika terjaga.

“Bermain catur dapat membangun karakter mental yang baik karena permainan caturnya memakai aturan zero star tingkat dunia”, jelas Zulkarnain.

Zero start lanjut zulkarnain pelaturan mengandung unsur yang sangat positif dan memberikan kita pelajaran berharga tentang arti displin waktu.

“Misalnya main jam sepuluh, jam sembilan kurang sepuluh peserta, pendamping dan pelatih boleh poto-poto, kurang lebih lima menit lagi mau bermain, saya suruh keluar, hanya pemain dan dewan hakim di dalamnya, setelah itu di kasih pengarahan lalu main’’ ucapnya.

“Setelah kita katakan jam sepuluh kurang lima, kita lihat waktu, tiba-tiba saya bilang wasit mulai, misalnya ada pemain yang tidak sadar keluar kencing dulu, yach kita ikutin aja, begitu saya katakan mulai dan dia buka pintu, peserta tersebut langsung di katakan kalah”, katanya.

Main catur dapat membangun suatu karakter dan dapat membina suatu mental yang baik serta dengan permainan catur dapat menumbuhkan rasa kebersamaan” tegas Zulkarnain.*** (Tata Sumitra)

Share entrepreneurship

Telah di Baca 2076 kali