Kualitas Data Diharapkan Meningkat

Telah di Baca 1445 kali

Bandung (Dikdas):  Berlangsungnya  Training of Trainers (ToT) Pemanfaatan Sistem Pendataan Pendidikan Dasar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh  operator Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Mereka telah mengetahui dan memahami bagaimana Dapodik sangat bermanfaat bagi perencanaan pendidikan di daerah. Dengan begitu, sekembali ke daerah masing-masing, diharapkan mereka lebih termotivasi untuk mendorong pihak sekolah meningkatkan kualitas datanya.

“Dengan adanya pemanfaatan aplikasi manajemen pendataan Dikdas, diharapkan dapat memotivasi Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mendorong sekolah meningkatkan kualitas penginputan Dapodikdas di daerah,” tegas Muhammad Adji, S.E., Staf Sub Bagian Data dan Informasi Bagian Perencanaan dan Penganggaran Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Rabu, 7 Mei 2014.

JIka kualitas data yang dimasukkan ke sistem pendataan Dapodikdas bagus, tambahnya, data tersebut dapat dimanfaatkan di daerahnya sebagai acuan untuk pengalokasian suatu anggaran.

“Misalnya untuk pemetaan guru, penambahan ruang kelas baru, atau pembangunan unit sekolah baru,” ujarnya.* (Tata Sumitra

Share entrepreneurship

Telah di Baca 1445 kali