Materi Kuliah Pemrograman Terstruktur

Telah di Baca 100034 kali

Dalam pemrograman yang terstruktur, pendekatan pembuatan program adalah dengan menganut konsep “top-down”. pada konsep ini, program dimulai dengan gambaran global, yang dinyatakan dengan nama-prosedur (sub-rutin) dan bukan isi detailnya. Selanjutnya prosedur sendiri bisa dipecah-pecah lagi menjadi prosedur yang lain. Konsep ini sangat memudahkan dalam pemodifian program.

Bab 1 Pengenalan Bahasa C

Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.

Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa memengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.

PPT Preview Download

Bab 2 Tipe Data, Variabel, & Konstanta

Tipe data adalah suatu media atau memori pada komputer yang digunakan untuk menampung
Variabel adalah suatu wadah yang digunakan untuk menampung nilai atau informasi. Nilai variabel dapat berubah-ubah ketika program dijalankan.
Konstanta adalah suatu identitas memori untuk menampung nilai atau informasi yang bersifat tetap dan tidak dapat diubah ubah.PPT Preview Download

Bab 3 Operator

Operator adalah simbol-simbol khusus yang digunakan untuk mengoperasikan suatu nilai data (operand)

PPT Preview Download

 

Bab 4 Write and Read

Write adalah Perintah write digunakan untuk menuliskan output, dengan posisi cursor – penunjuk aktif, terletak pada akhir output yang ditampilkan pada baris yang sama. Write tidak menambahkan CR setelah menampilkan data semua argument. Write menampilkan hasil tanpa ganti baris dan tampilan berikutnya akan disambung dalam baris yang sama.
Read adalah Perintah read digunakan untuk menerima input, dengan posisi cursor – penunjuk aktif, setelah diberi input pada baris berikutnya. Read tidak membaca end of line marker. Pernyataan ini tidak akan membuang kelebihan data. Kelebihan data akan diberikan pada read atau readln berikutnya. Read tidak ganti baris, masih dalam baris yang sama

PPT Preview Download

Bab 5 Percabangan

Percabangan adalah suatu permasalahan yang seringkali ditemui dalam pembuatan program, Percabangan adalah suatu pemilihan statemen-statement atau perintah-perintah yang akan di jalankan didasarkan atas kondisi tertentu..Statemen atau perintah tertentu akan dijalankan apabila memenuhi ketentuan yang telah didefinisikan sebelumnya. Selain struktur percabangan pada bahasa pemrograman juga ada struktur lain yaitu struktur perulangan. Perulangan digunakan untuk menentukan bagian-bagian di dalam program yang akan di eksekusi berulang-ulang berdasarkan kondisi tertentu.

PPT Preview Download

Bab 6 Looping

Looping adalah pengulangan sesuatu atau serangkaian “kerja” dari program

PPT Preview Download

Bab 7 Array dan String\Array adalah sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan nama yang sama. Array merupakan konsep yang penting dalam pemrograman, karna array memungkinkan untuk menyimpan data maupun referensi objek dalam jumlah banyak dan terindeks.

PPT Preview Download

Bab 8 Pointer

Pointer adalah variable yang berisi alamat memory sebagai nilainya dan berbeda dengan variable biasa yang berisi nilai tertentu. Dengan kata lain, pointer berisi alamat dari variable yang mempunyai nilai tertentu.

PPT Preview Download

Bab 9 Operasi String

String adalah jenis data yang menyimpan untaian kata/ kalimat. Contoh variabel string dalam kehidupan sehari adalah berupa semua bentuk nama dengan segala manifestasinya seperti : nama orang, nama pekerjaan, nama instansi, hobby, alamat, makanan, minuman dan lain-lain.

PPT Preview Download

Bab 10 Fungsi

Fungsi adalah satu blok kode yang melakukan tugas tertentu atau satu blok instruksi yang di eksekusi ketika dipanggil dari bagian lain dalam suatu program.

PDF Praktikum
Praktikum 1. Pengantar Algoritma
Praktikum 2. Pengenalan Dasar C++
Praktikum 3. Operator dan Ungkapan
Praktikum 4. Pernyataan Dasar
Praktikum 5. Pernyataan Dasar (2)
Praktikum 6. Fungsi dan Array
Praktikum 7. Struktur
Praktikum 8. Pointer
Praktikum 9. Dasar String

Share entrepreneurship

Telah di Baca 100034 kali