Materi Kuliah Pemrograman C++

Telah di Baca 100078 kali

Bab 1 Pendahuluan
C++ Builder adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk pengembangan dengan memanfaatkan keistimewaan konsep- konsep antar muka grafis dalam Microsoft Windows. Aplikasi yang dihasilkan C++ Builder berkait erat dengan Windows itu sendiri sehingga dibutuhkan pengetahuan bagaimana cara kerja dari windows.
C++ Builder adalah aplikasi pemrograman yang menghasilkan program aplikasi yang beroperasi di bawah lingkungan Windows 9.x  maupun yang berjalan di lingkungan Windows NT. C++ Builder merupakan bahasa pengembangan dari bahasa C sebelumnya yaitu C++.  C++ Builder merupakan merk dagang atau produk dari Borland International Inc. yang telah banyak menghasilkan bahasa-bahasa pemrograman yang sangat handal.
PDF Preview Download

Bab 2 Membangun Aplikasi
Jika anda hendak membuat sebuah aplikasi maka anda harus mengerti langkah-langkah
dasar seperti di bawah ini:
Merancang antarmuka Visual , anda dapat dengan mudah mengambil objek-objek yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan anda kemudian anda pindahkan objek tersebut kedalam form. Misalnya jika anda ingin membuat sebuah aplikasi yang membutuhkan 5 buah control Button maka anda tinggal memindahkannya dari jendela tool bar, kemudian anda dapat merancangnya dengan cara mengubah besar kecilnya tombol serta anda dapat mengganti tulisan pada tombol tersebut. Untuk merubah atau mendesain antar muka tersebut anda dapat menggunakan jendela Object Inspector, dengan tujuan untuk memperindah tampilan sebab kata orang bijak bahwa “Yang cantik cenderung menarik”.  Tujuan lain dari mendesain antar muka ini adalah untuk lebih memperjelas fungsi dari masing-masing tombol sehingga akan lebih bermakna lagi. Misalnya jika sebuah tombol diberi nama Hapus akan lebih jelas tujuannya daripada anda hanya menulis “Button1”
Buat kode program dengan sesingkat mungkin tapi dengan hasil yang memuaskan karena program yang berukuran kecil akan lebih cepat dalam proses eksekusinya. Anda dapat membuat kode program tersebut pada jendela Project Source.
PDF Preview Download

Bab 3 Statement
Statement adalah perintah-perintah dalam code yang akan dijalankan oleh C++ Builder. Statement adalah bagian yang penting dalam suatu program, karena tanpa adanya statement program tidak akan pernah berjalan sesuai keinginan. Statement dituliskan diantara kata kurung kurawal buka dan kurung kurawal tutup, penulisan diakhiri dengan titik-koma (;). Misalnya statement Close yang berarti memerintahkan penutupan program, bentuk umum penulisannya adalah :
{
Close();
}
Statement penugasan adalah statement yang berfungsi untuk pengubahan properti atau variable saat program berjalan, misalnya :

Label1->Caption=”Selamat Datang Di Kampus Biru”;
adalah statement penugasan yang memerintahkan agar Teks tersebut ditampilkan pada Label1.
PDF Preview Download

Bab 4 Percabangan
Apabila anda membuat sebuah program yang komplek maka percabangan ini akan sangat
diperlukan. Dimana percabangan ini atau penyeleksian kondisi ini akan memberikan solusi tentang

tindakan apa yang harus dikerjakan, hal ini bergantung pula pada hasil kondisi yang diseleksi.
PDF Preview Download

Bab 5 Switch Case
Selain dengan menggunakan if..else, ataupun if..else if..else penyeleksian kondisi juga
dapat dilakukan dengan menggunakan switch case.  Dengan menggunakan switch case
penyeleksian kondisi akan lebih cepat dan alurnya pun lebih mudah untuk dimengerti. Di bawah
ini akan dibahas sebuah program penyeleksian kondisi dengan switch case.
PDF Preview Download

Bab 6 Perulangan
Dari bahasa pemograman yang pernah anda pelajari sebelumnya, tentu anda pernah menemukan penggunaan perulangan (Looping). Proses perulangan ini merupakan proses dimana komputer akan mengeksekusi lebih dari satu statement secara berulang-ulang sesuai  dengan kebutuhan.
Perulangan dengan menggunakan Statement for digunakan untuk mengulang statement atau satu blok statement berulang kali, sejumlah yang ditentukan. Perulangan dengan statement for ini dapat berbentuk perulangan:
1. Positif
2. Bersarang (Nested)
PDF Preview Download

Bab 7 Menyisipkan Objek
Dalam membuat suatu aplikasi yang besar, mungkin anda pernah melihat suatu   objek yang
ditampilkan baik itu berupa logo suatu perusahaan, maupun Foto-Foto karyawan di perusahaan
tersebut. Disamping untuk menunjukan identitas perusahaan, penempelan objek juga agak
membuat suatu form menjadi lebih menarik, seperti yang sering saya utarakan bahwa “yang cantik
itu cenderung menarik”.
PDF Preview Download

Bab 8 Form Pesan
Form pesan adalah form khusus yang hanya bisa disusun dengan menuliskan kode, yaitu
form pesan atau message dialog. Form ini diaktifkan dengan menggunakan fungsi MessageBox().
Form ini akan berguna sekali jika Anda menginginkan semua bentuk informasi mengenai

kesalahan program, tip dan sebagainya ditampilkan melalui jendela MessageBox.
PDF Preview Download

Bab 9 Menu
Menu merupakan suatu alat penghubung antara pemakai (user) dengan komputer
(program), agar dalam penggunaan komputer menjadi lebih mudah dan lebih interaktif. Proses
semacam ini lebih dikenal dengan User Interface. Dengan teknik User Interface ini user atau
pemakai akan diberikan suatu kemudahan dalam pemakaian aplikasi.
PDF Preview Download

Bab 10 Database
C++ Builder dirancang seutuhnya untuk menjadi sebuah Client database dan tidak terbatas pada format database yang anda pakai, karena C++ Builder dikemas dengan produk Borland yang lain, yaitu DataBase Desktop (DBD).
DBD dapat dianggap sebagai versi mini dari paradox atau dBASE untuk Windows. DBD menyediakan metode untuk membuat, melihat, mengedit, menambah, mengubah struktur data, mengindeks, membuat Query dan memanipulasi data dengan tabel-tabel.
PDF Preview Download

Bab 11 Boland Database Engine
Secara fisik, suatu database terdiri atas dua bagian, bagian utama adalah berupa engine yang mampu menghasilkan dan mengedit struktur table dan membentuk system database. Bagian utama ini sering disebut dengan back end. Sedangkan bagian kedua adalah lazim disebut dengan front end. Pada front end yang merupakan sarana komunikasi dengan pemakai.
Pada C++ Builder, keduanya telah tersedia, Back End berupa engine yang disebut dengan BDE (Borland Database Engine). Sarana aplikasinya adalah desktop Database. Kedua fasilitas ini juga tersedia dalam aplikasi database lainnya yang dikeluarkan oleh perusahaan Borland, diantaranya dalam Delphi 2, Delphi 3 dan Delphi 4, Paradox maupun Visual Dbase. Adapun sebagai front End-nya, berupa aplikasi yang bisa kita susun sendiri. Keperluan penyusunan ini telah disediakan oleh C++ Builder dalam jumlah yang lebih dari cukup.
PDF Preview Download

Bab 12 Structure Query Language
SQL adalah bahasa yang digunakan untuk membuat dan  memanipulasi beberapa tabel data yang saling berhubungan. Keunggulan dari SQL yaitu SQL merupakan bahasa standard pada server basis data, seperti Server Oracle, Sybase, Informix dsb. Sehingga SQL dapat memungkinkan untuk menghubungkan beberapa tabel yang memiliki PlatForm berbeda.
Keunggulan lainnya yaitu anda dapat mencari dan mengurutkan data pada tabel yang tidak memiliki Indeks.
PDF Preview Download

Bab 13 Pernyataan SQL
Ada empat buah pernyataan SQL yaitu SELECT, UPDATE, DELETE, INSERT. Perintah Select adalah perintah SQL  yang sering digunakan, perintah ini akan memberikan intruksi pada engine SQL agar menyaring field-field tertentu dari tabel yang dipilih.
PDF Preview Download

Bab 14 Relational Database
Pada model Relational, basis data akan ‘disebar’ ke dalam berbagai tabel 2 dimensi. Setiap tabel selalu terdiri atas lajur mendatar yang disebut dengan Baris Data (Row/record) dan lajur vertical yang biasa disebut dengan Kolom (Column/Field). Di setiap pertemuaan baris data dan kolom itulah, item-item data ditempatkan.
PDF Preview Download

Bab 15 Membuat Grafik Line

PDF Preview Download

Bab 16 Membaca dan Mendekode Tanggal
Dalam sebuah program kadang kita memerlukan pembacaan sebuah tanggal baik yang dibaca langsung dari  system komputer atau dari data yang dimasukan dari  keyboard. Berikut adalah contoh  kode program  kecil,  bagaimana cara membaca tanggal dan mendekodekannya menjadi bagian-bagian yang terpisah.
PDF Preview Download

Bab 17 Menampilkan Teks Bergerak
Untuk dapat menampilkan teks yang seolah-olah bisa berjalan, dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan memberikan perintah geser kiri atau geser kanan.
Contoh berikut ini adalah menampilkan tulisan seolah-olah tulisan itu bergerak ke kanan dan bergerak ke atas layar. Seperti kalau habis nonton Film atau TV, sudah ada daftar nama para artis, sutradara dan sebagainya.
PDF Preview Download
Share entrepreneurship

Telah di Baca 100078 kali