Materi Kuliah Pemrograman Berbasis Objek

Telah di Baca 100018 kali

Bab 1 Konsep Pemrograman Berbasis Objek (PBO)
Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek.
PPT Preview | Download

Bab 2 Abstract Data Type (ADT)
Abstract data type (ADT) merupakan model matematika yang merujuk pada sejumlah bentuk struktur data yang memiliki kegunaan atau perilaku yang serupa; atau suatu tipe data dari suatu bahasa pemrograman yang memiliki sematik yang serupa. Sekumpulan struktur data dan primitif (operasi dasar) yang mengolah data tersebut. Kumpulan ini dibentuk menjadi satu file utuh.
PPT Preview | Download

Bab 3 Class
Class adalah pemodelan dari objek yang menjelaskan data (sifat karakteristik data) dan fingsi yang dimiliki suatu objek. Class merupakan wadah (tempat) yang digunakan untuk menciptakan suatu objek.
PPT Preview | Download

Bab 4 Class Lanjutan
PPT Preview | Download

Bab 5 Konstruktor dan Destruktor
Konstruktor adalah fungsi khusus anggota kelas yang otomatis dijalankan pada saat penciptaan objek (mendeklarasikan instance). Konstruktor ditandai dengan namanya, yaitu sama dengan nama kelas. Konstruktor tidak mempunyai tipe hasil (return value). Biasanya konstruktor dipakai untuk inisialisasi anggota data dan melakukan operasi lain seperti membuka file dan melakukan alokasi memori secara dinamis. Meskipun konstruktor tidak harus ada dalam kelas, tetapi jika diperlukan konstruktor dapat lebih dari satu.
Destruktor adalah pasangan konstruktor. Pada saat program membuat objek maka secara otomatis kontruktor akan dijalankan, yang biasanya dimaksudkan untuk memberi nilai awal variable private. Sejalan dengan itu, C++ menyediakan fungsi destruktor (penghancur atau pelenyap) yang secara otomatis akan dijalankan pada saat berakhirnya objek. Setiap kelas mempunyai tepat satu destuktor. jika kita tidak mendeklarasikan sebuah destruktor dalam sebuah kelas, maka destruktor akan diciptakan sendiri oeh compiler C++. Fungsi destruktor itu sendiri adalah untuk mendealokasikan memori dinamis yang diciptakan kontruktor. Nama destruktor sama dengan nama kelas ditambah awalan karakter tilde (~). Walaupun compiler C++ akan secara otomatis mendeklarasikan sebuah destruktor, akan tetapi sangat disarankan untuk mendeklarasikan sendiri sebuah destruktor. Karena dengan mendeklarasikan sendiri destruktor maka kita mempunyai kontrol penuh terhadap apa yang dilakukan destruktor dari kelas yang kita buat.
PPT Preview | Download

Bab 6 Friend
Friend adalah sebuah hak akses yang mengijinkan suatu class atau method untuk bisa mengakses atribut dari suatu class lainnya walaupun class atau method tersebut bukan anggota dari classnya.

Friend sebetulnya merupakan kontradiksi dari konsep encapsulation yang ada di pemrograman berbasis objek karena mengijinkan pihak luar untuk mengakses sesuatu yang private. Semakin banyak friend yang dibuat maka program yang dibuat harus dirombak.

PPT Preview | Download

Bab 7 Inheritance
Inheritance adalah salah satu konsep utama dalam Pemrograman Berorientasi Objek. Inheritance memperbolehkan penggunaan kembali kode-kode yang ada pada Base Class nya untuk diturunkan pada Derived Class.
PPT Preview | Download

Share entrepreneurship

Telah di Baca 100018 kali