Materi Kuliah Pascal

Telah di Baca 100124 kali

Bab 1 Pendahuluan
Pascal dikembangkan dari bahasa ALGOL, yang merupakan bahasa pemrograman komputasi scientific. ALGOL memiliki beberapa kelemahan seperti pada tipe data pointer, karakter, dan sulitnya mengimplementasikan bahasa tersebut ke dalam compiler menyebabkan ALGOL tidak berkembang dan sedikit demi sedikit ditinggalkan.

Pada akhirnya, tahun 1971, salah seorang pengembang ALGOL telah berhasil mengembangkan bahasa pemrograman baru yang diberi nama PASCAL, yang mengadopsi nama ilmuwan Perancis pada abad ke 17 Blaise Pascal.

Kelebihan dari bahasa PASCAL adalah merupakan bahasa pemrograman yang terstruktur, bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language), serta mudah bagi programmer untuk menentukan tipe data yang diinginkan.
DOC Preview Download

Bab 2 Penulisan Program
Progaram pascal tidak mengenal aturan penulisan dikolom tertentu, jadi boleh ditulis mulai kolom berapapun. Penulsan statement – statement pada contoh program yang menjorok masuk beberapa kolom tidak mempunyai pengaruh diproses, hanya dimaksudkan supaya mempermudah pembacaan perogram, sehingga akan lebih terlihat bagian – bagiannya.
DOC Preview | Download

Bab 3 Input dan Output
Input merupakan data yang dimasukkan ke dalam program untuk diproses menghasilkan output.Sedangkan Output adalah proses menampilkan hasil pengolahan data dengan menggunakan Write atau writeln.’
DOC Preview Download

Bab 4 Perulangan

Perulangan adalah adalah melakukan proses berulang dimana computer mengeksekusi satu atau lebih statement berulangkali sesuai kebutuhan.

DOC Preview Download

Bab 5 Pendahuluan

Array/Larik adalah tipe terstruktur yang mempunyai komponen dalam jumlah yang tetap dan setiap komponen mempunyai tipe data yang sama. Posisi nasing – masing komponen dalam larik dinyatakan sebagai nomor index.

 

Dengan menggunakan array sejumlah variabel dapat memakai nama yang sama. Antara satu variabel dengan variabel lain di dalam array dibedakan berdasarkan subscript. Sebuah subscript berupa bilangan di dalam kurung siku. Melalui subscript inilah masing – masing elemen array dapat diakses.

DOC Preview Download

Bab 6 Record

Tipe record hamper sama dengan array yaitu kumpulan data. Perbedaaan array dengan record adalah pada array semua elemen harus bertpe sama sedangkan pada record tipe pada elemen bisa saja berbeda.

 

Sehari – hari record lebih banyak digunakan dibandingkan array.

DOC Preview Download

Share entrepreneurship

Telah di Baca 100124 kali