Materi Kuliah Konsep Sistem Informasi

Telah di Baca 36 kali

Pertemuan 1 Data, Informasi, Sistem dan Sistem Informasi
Untuk menuju pada pengertian Sistem Informasi secara utuh, diperlukan pemahaman yang tepat tentang konsep data dan informasi. Keterkaitan data dan informasi sangatlah erat sebagaimana hubungan antara sebab dan akibat. Bahwa data merupakan bentuk dasar dari sebuah informasi, sedangkan informasi merupakan elemen yang dihasilkan dari suatu bentuk pengolahan data.
DOC Preview Download

Pertemuan 2 Konsep Dasar Sistem
Suatu sistem terdiri dari komponen-komponen, yaitu pekerjaan, kegiatan, misi atau bagian-bagian sistem yang dibentuk untuk mewujudkan tujuan. Untuk komponen misi/tujuan, seringkali sukar untuk dilihat. Manajemen suatu sistem terdiri dari kegiatan-kegiatan yang diarahkan pada perencanaan dan pengendalian (feedback).
Tujuan suatu sistem adalah untuk mencapai suatu tujuan (goal) atau mencapai suatu sasaran (objectives). Goal meliputi ruang lingkup yang luas, sedangkan objectives meliputi ruang lingkup yang sempit.
DOC Preview Download

Pertemuan 3 Pengendalian Sistem
Karena suatu sistem tidak ada yang tertutup, supaya sistem dapat terus melangsungkan hidupnya, maka sistem harus mempunyai daya membela diri/sistem harus mempunyai sistem pengendalian.
DOC Preview Download

Pertemuan 4 Perkembangan Komputer
Generasi komputer :
1. Generasi ke 1 : memperkenalkan ENIAC (Electronic Numerical Integrator dan Calculator) berat : 30 ton, dioperasikan 18000 tabung gelas kosong
2. Generasi ke 2 : digunakan transistor (penghubung kecil yang mengontrol arus listrik) S/W : Fortran
3. Generasi ke 3 : digunakan IC (Integrated Circuit)
4. Generasi ke 4 : LSI (Large Scale Integrated), merupakan gabungan beberapa IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip
5. Generasi ke 5 : VLSI (Very LSI)
DOC Preview Download

Pertemuan 5 Aspek Psikologis dalam Penerapan Komputer
Mengerti aspek psikologis manusia adalah syarat awal agar penerapan sistem informasi dalam organisasi dapat berhasil. Sistem informasi tidak diimplementasikan pada sesuatu yang vakum, melainkan yang hidup, yang mempunyai sikap, kebiasaan, motivasi. Implementasi suatu sistem yang baru dalam organisasi tentu saja menggoncang keseimbangan pada komponen-komponen yang sudah ada. Goncangan ini dapat kuat dapat juga lemah tergantung kemampuan mengatur menajemennya.
Konsekuensinya, implementasi sistem informasi dapat di dukung maupun dihalangi oleh “iklim psikologis” organisasi dan bukan oleh faktor “kualitas teknis” dari sistem. Situasi psikologis ini dapat mempengaruhi penerimaan ataupun penolakan atas implementasi SI.
DOC Preview | Download

Pertemuan 6 Desain Sistem Secara Umum
Tujuan dari desain sistem secara umum adalah untuk memberikan gambaran secara umum kepada user tentang sistem yang baru. Desain sistem merupakan persiapan dari desain terinci dan mengidentifikasikan komponen-komponen sistem informasi yang akan didesain secara rinci. Desain terinci dimaksudkan untuk pemrograman komputer dan ahli teknik lainnya yang akan mengimplementasikan sistem. Tahap desain sistem secara umum dilakukan setelah tahap analisis sistem selesai dilakukan dan hasil analisis disetujui oleh manajemen.
DOC Preview Download

Pertemuan 7 Context Diagram Level
DOC Preview Download

Pertemuan 8 Database Management System
DBMS : suatu cara dalam bentuk sistem yang berguna dalam menyimpan data. Keunggulan DBMS yaitu :
– Meningkatkan presentase kesiapan data (data availability) yang berarti tersedia sewaktu dibutuhkan.
– Mempercepat penyimpanan dan pengambilan data, karena data disimpan dengan lebih teratur
– Mempercepat dan mempermudah pemrosesan data, karena yang diproses adalah data yang perlu saja
– Mengurangi penyimpanan data yang rangkap, sehingga lebih menghemat
– Data dapat dipakai oleh banyak orang
– Mengatur integrasi, sehingga data dapat diambil dengan benar
– Mempermudah pemrograman, karena DBMS menjadi lebig fleksibel dimana perubahan program tidak memerlukan perubahan struktur data
– Keteraturan data membuat bank data lebih aman.
DOC Preview Download

Share entrepreneurship

Telah di Baca 36 kali