Jurnal: Sistem Informasi Ujian Mandiri Mahasiswa Berbasis Tes Klasik

Telah di Baca 162 kali

Sistem Informasi Ujian Mandiri Mahasiswa Berbasis Tes Klasik
Tata Sumitra1a,*, Dedi Setiadi 2b,
Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma.
a ttsumitra@gmail.com 1
b dedijahsy@gmail.com 2

ABSTRAK

Dalam setiap jenjang pembelajaran dan pengajaran di setiap perguruan tinggi selalu dibutuhkan evaluasi. Berkaitan dengan pendidikan formal, evaluasi hasil belajar selalu dibuat untuk mengukur ketercapaian tujuan pengajaran, dalam hal ini dilakukan ujian kepada mahasiswa. Secara umum ujian dibuat dalam bentuk pilihan ganda dan uraian . Sebagai alat untuk mengukur kemampuan mahasiswa setelah mengikuti kegiatan pendidikan selama selang waktu tertentu, maka eksistensi evluasi berupa tes menjadi sangat penting. Sebuah tes yang baik, akan bisa mengungkapkan keadaan sebenarnya dari siswa, dan tes yang tidak baik tidak akan bisa mengungkap apa kemampuan sebenarnya siswa. Sebuah tes yang baik harus valid dan reliabel.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode tes klasik. Program yang dirancang dimaksudkan untuk mempermudah Dosen didalam proses pemeriksaan ujian terhadap hasil akhir belajar mahasiswa dan mahasiswa tidak lama lagi menunggu informasi nilai karena setelah selesai ujian mahasiswa dapat melihat langsung hasilnya ujiannya.
Berdasarkan penelitian ini, dihasilkan sebuah program aplikasi untuk ujian mandiri untuk ujian non essay, dengan rincian: 1) proses ujian mahasiswa menjadi cepat dan valid, 2) Mempercepat proses penilaian dan pemeriksaan hasil ujian . 3) mempercepat laporan hasil ujian kepada bagian administrasi akademik.

Kata Kunci : Sistem, Ujian, Mandiri , Mahasiswa, Tes Klasik

Unduh Di sini

Share entrepreneurship

Telah di Baca 162 kali