Teknik Menulis Berita

Telah di Baca 213806 kali

MENULIS berita jurnalistik dalam media cetak, seperti koran, majalah, buletin, news letter, dll. tidaklah sama dengan menulis tulisan biasa. Karena dalam dunia jurnalistik terdapat teknik, kriteria dan standart penulisan tertentu yang harus dikuasai setiap jurnalis serta membutuhkan latihan yang serius dan terus-menerus.
Dalam news report (laporan berita), sebelum jurnalis melaporkan sebuah peristiwa sebagai sebuah berita, terlebih dahulu harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti faktualitas dan aktualitasnya serta harus pula memahami teknik penulisan yang tepat dalam penyajiannya.

Bagi jurnalis pemula, acapkali menganggap menulis berita itu rumit dan tak semudah yang dibayangkan. Anggapan itu boleh jadi benar, tapi tidak bagi yang mau mempelajarinya secara sungguh-sungguh teknik dan cara menulis berita yang baik dan benar.

Untuk bisa menjadi seorang jurnalis (wartawan) yang baik dan handal, maka harus mengetahui dan memahami seluk-beluk berita dan jurnalisme: seperti pengertian berita dan jurnalistik, kriteria kelayakan berita, jenis dan macam-macam penulisan berita, struktur berita dan teknik penulisannya serta lainnya.

Lebih lanjut, silahkan baca di halaman-halaman berikut ini:

 

Untuk mengunduh materi silahkan klik di sini :  Teknik Menulis Berita

Telah di Baca 213806 kali