Password Diretas, 7 Juta Akun Dropbox dalam Bahaya

Telah di Baca 2375 kali

 Sekelompok hacker mengaku telah berhasil menembus sistem keamanan Dropbox, dengan mencuri data login dari 7 juta pengguna layanan cloud storage itu. 

Pelakunya memposting sekitar 400 data login hasil peretasan itu di Pastebin. Mereka juga berjanji akan mengumbar lebih banyak akun jika ada yang mau menyumbangkan sejumlah uang melalui Bitcoin.

Belum jelas bagaimana hacker tersebut bisa menembus sistem keamanan Dropbox. Namun mereka mengklaim telah mempunyai data login dari sekitar 7 juta akun, dan mengancam akan merilis foto, video dan sejumlah berkas lain yang terdapat di akun-akun tersebut.

Pihak Dropbox pun angkat bicara mengenai klaim ini. Menurut mereka, bukan sistem keamanan mereka yang dijebol. Username dan password tersebut, menurut mereka, bocor dari dari layanan lain dari pihak ketiga.

“Kami sebelumnya sudah mendeteksi adanya serangan ini. Kini, sejumlah password yang diposting itu sudah tak berlaku,” tulis Dropbox dalam keterangan resminya.

Seperti yang dikutip detikINET dari Cnet, Selasa (14/10/2014), Dropbox memang sudah menotifikasi penggunanya untuk me-reset password dari akun yang sudah diposting di Pastebin tersebut.

Sebenarnya untuk menghindari kejadian semacam ini, Dropbox sudah mempunyai fitur otentifikasi dua tahap yang bisa diakses melalui laman security setting. Jika Anda pengguna Dropbox, ada baiknya fitur itu diaktifkan, juga me-reset password akun Anda.

Repro: inet.detik.com

Share entrepreneurship

Telah di Baca 2375 kali