Pembukaan FLS2N 2014 Akan Berlangsung Meriah

Telah di Baca 1936 kali

Semarang (Dikdas): Pembukaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dipastikan akan berjalan meriah. Selain lokasinya yang sangat strategis, yaitu di Marina Convention Center Area Pantai Marina Semarang, Jawa Tengah, acara juga akan dihadiri oleh para pejabat penting negeri ini.

Rencananya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Mohammad Nuh, DEA akan membuka acara. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga dijadwalkan hadir. Selain itu, para pejabat di lingkungan pemerintahan Provinsi Jawa Tengah, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemdikbud turut hadir.

Pembukaan FLS2N akan digelar pada Senin malam, 2 Juni 2014. Pembawa acaranya Nycta Gina (Jeng Kelin) dan Sardjoe. Paduan suara gabungan SD Hj. Isriati Semarang, SMP Negeri 2 Semarang, dan SMA Negeri 3 Semarang akan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FLS2N.

Acara hiburan lainnya yaitu Tarian Nusantara yang akan dibawakan oleh siswa-siswi SMK Negeri 3 Banyumas bersama Sanggar Greget Semarang. Drumlight Percussion dan Grup Band Geisha akan melengkapi puncak hiburan yang berlangsung spektakuler ini.

FLS2N merupakan acara tahunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pelaksanaan di Semarang, Jawa Tengah, ini merupakan penyelenggaraan ke-7 sejak digelar pertama kali pada 2008 di Bandung, Jawa Barat.

Peserta FLS2N merupakan siswa-siswi jenjang Sekolah Dasar/Sekolah Dasar Luar Biasa (SD/SDLB), Sekolah Menengah Pertama/Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMP/SMPLB), Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMA/SMALB), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jumlah peserta sebanyak 2.872 siswa. Mereka terdiri dari jenjang SD 377 siswa (13%), SMP 680 siswa (24%), PKLK Pendidikan Dasar 264 siswa (9%), SMA 594   siswa (21%), PKLK Pendidikan menengah 198 siswa (7%), dan SMK 759 siswa (26%). Bila ditotal dengan pendamping, pembina, juri, asisten juri, panitia pusat, dan panitia daerah, partisipan FLS2N berjumlah 4.464 orang.

Ada sejumlah festival dan lomba yang akan menjadi arena unjuk kemampuan siswa, di antaranya menyanyi solo, membaca puisi, seni tari, dan seni kriya. (lihat: Jenis dan Lokasi Festival/Lomba). Para juara mendapatkan sertifikat, medali, dan uang pembinaan.

Peserta FLS2N merupakan siswa-siswi terbaik perwakilan provinsi. Mereka telah menjalani seleksi ketat di tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi.* (Billy Antoro)

Sumber: Dikdas.kemdikbud.go.id

Share entrepreneurship

Telah di Baca 1936 kali