Dapodikdas Turut Sukseskan Kurikulum 2013

Telah di Baca 1800 kali

Bandung (Dikdas): Implementasi Kurikulum 2013 didahului dengan penyusunan standar kompetensi. Kompetensi disusun dalam bentuk formula-formula yang dilengkapi dengan kisi-kisi.

Demikian disampaikan Dr. Thamrin Kasman, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, saat membuka Training of Trainers (ToT) Pemanfaatan Sistem Pendataan Pendidikan Dasar angkatan IV  di  Hotel Arion Swiss-Bell, Bandung, Jawa Barat, Senin malam, 19 Mei 2014.

Thamrin menjelaskan, pelaksanaan kurikulum dapat berjalan jika didukung oleh guru-guru yang telah mengikuti pelatihan. Terkait Data Pokok Pendidikan (Dapodik), data guru yang dilatih disuplai dari Dapodik.

“Kira-kira pelatihan guru minggu II bulan Juni saat anak-anak liburan sekolah,” ucapnya.

Namun ternyata, tambah Thamrin, guru yang terlatih tak cukup untuk menyukseskan penerapan Kurikulum 2013. Satu faktor penting lainnya yaitu buku. Jumlah penggandaan buku yang sangat besar tak mungkin ditangani Kementerian sendirian. Kemdikbud menggandeng Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Proses lelang dan penentuan pemenang sudah dilalui. Kini tinggal pemesanan buku oleh sekolah melalui laman LKPP.

“Nanti harga buku yang ada di Jawa Timur berbeda dengan yang di  Kupang. Harga buku yang ada di Jawa Barat akan berbeda dengan yang di Kalimantan Barat,” ujarnya.

Thamrin menegaskan, dana untuk membeli buku paket siswa dan pegangan guru diambil dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sedangkan untuk semester II, dana beli buku berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) atau Anggaran Pendapatan Belanja Daerah.

Thamrin berharap akurasi jumlah siswa dan guru tiap sekolah terjaga sehingga memudahkan proses pembelian buku. Di sinilah operator Dapodikdas memegang perannya.

“Jagalah kualitas data sehingga betul-betul bisa digunakan untuk mengambil keputusan,” ujarnya. Data dapat digunakan untuk menelusuri berbagai persoalan seperti siswa putus sekolah dan guru tersertifikasi.

Thamrin pun berharap setiba di daerah masing-masing, peserta mengingatkan sekolah untuk segera melakukan pemesanan buku Kurikulum 2013.

Peserta ToT Pemanfaatan Sistem Pendataan Pendidikan Dasar angkatan IV adalah petugas KK Datadik Kabupaten/Kota dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Maluku Utara, dan Papua Barat.* (Tata Sumitra)

Sumber: Dikdas.kemdikbud.go.id

Share entrepreneurship

Telah di Baca 1800 kali