Robotika

Telah di Baca 2981 kali

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Muhammadiyah Jakarta (STMIK-MJ) yang dipercaya untuk mengadakan Lomba Merakit Robot atau dikenal Lomba Robotik yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa (PSLB), Direktorat Jenderal Manajemen Dasar dan Menengah (Ditjen MPDM), Depdiknas di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2009 ini, diikuti oleh 20 peserta siswa SMA CI/BI (akselerasi) dari berbagai provinsi. Dalam lomba tersebut setiap peserta diharuskan membawa laptop sendiri dengan minimal Pentium 4 dengan memori minimal 1 GB, space hardisk kosong minimal 30 GB, dan membawa toolkit.

Dalam perlombaan tersebut ada dua babak, babak penyisihan dan babak final. Dengan media setiap peserta diberikan Robot Kirobo dan para peserta harus bisa merakitnya dengan program ‘Icon Work’ pada komputer dan setelah itu peserta diperbolehkan untuk melakukan ‘running test’ di arena perlombaan.

“Kami memiliki dua arena, pada babak penyisihan dengan arena yang bernama Line Follower yaitu dimana robot harus mendeteksi garis hitam saat dimulai untuk hingga finish dan pada babak final dengan arena Obstacle yaitu dimana robot harus peka terhadap sentuhan dan ini yang agak sedikit rumit karena kami tambahkan penghalang-penghalang,” ungkap Tata Sumitra selaku juri dalam perlombaan lomba Merakit Robot ini.

Pada saat perlombaan, peserta diberikan waktu sekitar 1,5 jam untuk merakit Robot Kirobo hingga selesai dan bisa dijalankan di arena untuk running test. “Tapi saya lihat semua peserta tidak menghadapi kesulitan saat merakit Robot Kirobo tersebut, malah mereka semua bisa merakitnya kurang dari 1,5 jam. Karena disini juga dinilai kecepatan ia merakit dan menjalankan robotnya,” ujar dosen STMIK-MJ ini.

Diakui Tata, sehari sebelum perlombaan ada sedikit kendala pada saat technical meeting karena ada beberapa peserta yang laptopnya tidak bisa mensupport/menginstal program ‘Icon Work’.

“Tadinya saya sempat khawatir akan terhambatnya lomba ini, tapi alhamdulilah akhirnya peserta bisa mengikuti lomba dengan baik walaupun harus meminjam laptop dulu kepada orang lain,” tuturnya.

Lomba yang selesai pada pukul 17.00 WIB ini, akhirnya Juara 1 diraih dari Provinsi Jawa Tengah yang bernama Madha Ajiyoga Susetya. “Saya senang sekali tidak menyangka bisa memenangkan perlombaan ini, padahal awalnya saya merasa kesulitan untuk memprogram robot dengan menggunakan komputer, karena ini baru pertama kali lomba merakit robot dengan program Icon Work,” ungkap siswa Kelas 2 SMAN 1 Surakarta ini.

Menurut Tata, ini merupakan Lomba Robotik yang pertama diadakan di Direktorat PSLB karena sebelumnya belum pernah dilombakan. “Untuk itu ini adalah pengalaman pertama bagi STMIK-MJ sendiri sebagai panitia dan Direktorat PSLB sebagai penyelenggara. Mudah-mudahan kegiatan Lomba Robotik ini terus berlanjut dan berkembang. Terima kasih untuk dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan Direktorat PSLB kepada kami,” katanya

sumber: http://sman1-slo.sch.id

Telah di Baca 2981 kali