Di Jepang, Pengurangan Biaya Kuliah Bukanlah Beasiswa! Ini Panduannya.

Telah di Baca 1098 kali

KOMPAS.com – Besarnya biaya kuliah menjadi faktor cukup penting dalam mengambil keputusan kuliah di luar negeri, termasuk memutuskan belajar di Jepang. Anggapan mahalnya biaya kuliah di Jepang tidak sepenuhnya benar.

Untuk biaya hidup, Jepang memang bisa dikatakan cukup mahal dibandingkan negara lainnya. Namun, untuk biaya kuliah, Jepang relatif sama dengan negara lain, bahkan cenderung lebih murah dibandingkan dengan Amerika atau Eropa, seperti Inggris.

Berbeda dengan negara lain, istilah beasiswa atau shogakukin atau scholarships di Jepang mengacu pada uang yang diberikan kepada siswa. Uang tersebut diberikan untuk membantu kehidupan siswa pada saat belajar/studi.

Sementara itu, pengurangan biaya kuliah disebut juga dengan Jugyouryou Genmen atau tuition fee reduction. Pada umumnya di Jepang, pengurangan biaya kuliah atau Jugyouryou Genmen tidak disebut atau masuk dalam kategori beasiswa.

“Pengurangan biaya merupakan hal biasa dilakukan perguruan-perguruan tinggi Jepang dan itu bukan termasuk beasiswa. Misalnya, pengurangan 30 persen biaya kuliah, 50 persen, atau 70 persen,” ujar Takeshi Yoshiwatari, seorang konsultan yang juga menjabat Vice President Director PT Fuji Staff Indonesia, di Jakarta, Senin (14/4/2014).

Ihwal beasiswa, yaitu sejumlah dana yang diberikan untuk membantu kehidupan studi siswa, salah satu perguruan tinggi top di Jepang yang memberikan beasiswa menarik adalah Tohoku University. Perguruan tinggi tersebut menawarkan level beasiswa terbagusnya, yaitu President Scholarship.

“Skemanya adalah bantuan untuk bea hidup dan kuliah gratis. Tapi, tetap ada proses seleksi ketat,” ujarnya.

Seperti halnya di Indonesia, umumnya beasiswa maupun pengurangan biaya kuliah diberikan pada saat siswa sudah belajar di Jepang. Hanya beberapa saja yang ditawarkan saat sebelum siswa mulai belajar. Di sini, akan dibahas mengenai besarnya biaya kuliah, pengurangan biaya kuliah, beasiswa dari pemerintah, beasiswa dari lembaga, dan beasiswa dari universitas.

Beasiswa pemerintah Jepang (Monbukagakusho/MEXT)

Untuk Anda yang sering mencari informasi beasiswa ke Jepang, tentu tidak asing dengan beasiswa ini. Beasiswa Monbukagakusho adalah salah satu beasiswa full yang sampai saat ini rutin diberikan bagi mahasiswa asing yang ingin belajar di Jepang, termasuk dari Indonesia. Beasiswa itu mencakup pembebasan biaya masuk dan biaya kuliah, tiket pulang dan pergi, serta tunjangan untuk biaya hidup selama di Jepang. Untuk di Indonesia, proses seleksi beasiswa ini dilakukan oleh Kedutaan Besar Jepang bagian Pendidikan.

Khusus pelajar lulusan SMA, Monbukagakusho mempunyai beasiswa untuk program sarjana (S-1/undergraduate), D-3 (College of Technology), dan D-2 (Specialized Training College). Untuk lulusan S-1/S-2, Monbukagakusho mempunyai beasiswa “Research Student” untuk melanjutkan ke program Master atau Doktor.

Ada juga beasiswa khusus guru yang aktif mengajar, yaitu beasiswa “Teacher Training”. Bahkan, untuk mahasiswa jurusan bahasa Jepang di universitas tersedia beasiswa berupa program “Japanese Studies”.

Untuk keterangan lebih lengkap mengenai beasiswa Monbukagakusho, Anda bisa melihat di situs kedutaan Jepang; www.id.emb-japan.go.jp.

Beasiswa Pemerintah daerah Jepang

Beberapa kota atau organisasi internasional di daerah cukup aktif mendukung kehadiran mahasiswa asing. Pada umumnya beasiswa pemerintah daerah ini bisa dilamar oleh mahasiswa asing yang tinggal di daerah tersebut.

Besar dan lamanya beasiswanya tergantung masing masing daerah. Untuk list beasiswanya lebih detail, anda bisa melihat di www.jasso.go.jp.

Beasiswa Pemerintah Indonesia

Ada beberapa beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu siswa/siswi Indonesia untuk bisa belajar di Luar Negeri. Beasiswa ini ada yang ditawarkan secara umum, misalnya Beasiswa unggulan atau LPDP. Selain itu, ada juga beasiswa yang ditawarkan secara khusus, yaitu Beasiswa DIKTI untuk pengajar di perguruan tinggi.

Persyaratan masing masing lembaga pemberi beasiswa dan universitas yang bisa dimasuki berbeda. Untuk melihat lebih detail, silahkan anda langsung melihat panduan masing masing beasiswa tersebut.

Contoh beasiswa dari Pemerintah Indonesia :
– Beasiswa Unggulan: http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id.
– Beasiswa LPDP: http://www.beasiswalpdp.org.
– Beasiswa Dikti: http://beasiswa.dikti.go.id.

sumber. Kompas.com

Share entrepreneurship

Telah di Baca 1098 kali