Mahasiswa Indonesia Sapu Bersih Lomba Robot Internasional di AS

Telah di Baca 1855 kali

Jakarta, Kemdikbud — Mahasiswa Indonesia berhasil menyapu bersih lomba robot internasional di Amerika Serikat. Mahasiswa ini berasal dari dua tim robot Politeknik Elektronika Surabaya (PENS), masing-masing tim EFFIRO dan tim EILERO. Mereka berhasil menyapu bersih juara pada kontes robot internasional yang berlangsung di  Trinity College, Hartford, Connecticut, AS, 5-6 April lalu.

Demikian kabar yang diterima pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Selasa (8/4/2014) siang. Tim EFFIRO dengan tiga robotnya berhasil keluar menjadi juara satu, dua, dan juara tiga, untuk kategori pemadam api divisi senior beroda. Ketiga robot itu diberinama PENS, Senior EFFIRO dan ER2C.

Selain menyapu bersih kategori tersebut, tim robot EILERO yang diberi nama Walking EFFIRO, dan turun pada kategori divisi berkaki, juga berhasil keluar sebagai juara pertama. Tahun lalu tim ini mendapat juara dua.

Tahun ini sebenarnya tim ini hanya menitipkan robotnya kepada tim EFFIRO untuk ikut bertanding. Karena memang yang berhak untuk ikut ke kontes itu adalah mereka yang terpilih lewat seleksi pada kontes robot Indonesia setahun sebelumnya.

Mendikbud menyambut kedatangan tim tersebut di Surabaya, Rabu (9/4/2014), malam langsung di Bandara Juanda Terminal 2. Para peserta lomba menempuh perjalanan selama 24 jam dari bandara John F Kennedy, New York melalui Hongkong.

“Kami bangga akhirnya bisa kembali menunjukkan kepada dunia kalau mahasiswa dan perguruan tinggi Indonesia mampu bersaing di tingkat internasional,” kata Mendikbud, Mohammad Nuh.

Yang lebih membanggakan lagi, ungkap Menteri Nuh, anggota tim itu ada yang berasal dari penerima Bidikmisi, salah satu program Kemdikbud untuk memberikan bantuan biaya kuliah gratis kepada mahasiswa berprestasi namun dari kalangan kurang mampu.

“Sungguh ini satu lagi bukti nyata mereka dari keluarga tidak mampu pun bisa berprestasi jika diberi kesempatan. Tugas kita adalah memberikan kesempatan itu,” katanya.

Sekilas Prestasi PENS

PENS baru tahun ini mengikuti even ini, dan keikutsertaan PENS di even ini melengkapi seluruh even internasional yang pernah PENS ikuti. Tahun 2001 Tim B-CAK menjadi Juara Dunia di NHK International Robot Contest di Koriyama, Jepang. Kontes robot ini sekarang dikenal sebagai ABU Robocon.

Tahun 2013 Tim ERSION mendapatkan Second Runner-Up dan ABU Robocon Award serta ROHM Special Award di ABU Robot Contest 2013 di Danang, Vietnam.

Tim EROS meraih peringkat 7 besar dunia di RoboCup 2013 untuk Kategori Humanoid Kids di Eindhoven, Belanda. Tim PENS juga menempatkan diri di 7 besar dunia pada kontes kapal cepat tanpa awak RoboBoat 2013 di Virginia, Amerika Serikat. (Sukemi)

 

sumber: Kemdikbud.go.id

Share entrepreneurship

Telah di Baca 1855 kali