Ingin Daftar Beasiswa Presiden RI? Ini Syaratnya

Telah di Baca 692 kali

Jakarta – Kemendikbud meluncurkan Beasiswa Presiden Republik Indonesia (BPRI) bagi mereka yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 ke 50 perguruan tertinggi dunia secara gratis. Bila Anda atau kerabat Anda berminat, segera persiapkan syaratnya karena batas akhir pendaftaran untuk tahun ini jatuh pada 20 April 2014.

“Siapa pun boleh daftar tapi usianya maksimal 35 tahun untuk master (S2) dan 45 tahun untuk doktor (S3). Memenuhi kriteria akademik dan lolos seleksi. Tidak ada ikatan dinas tapi harus kembali ke Tanah Air setelah studi selesai,” kata Mendikbud M Nuh saat konferensi pers “Peluncuran Beasiswa Presiden Republik Indonesia” di kantornya Jl Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (1/4/2014).

Direktur Utama LPDP Eko Prasetyo yang juga hadir dalam konferensi pers tersebut menyebutkan bahwa akan ada sanksi bagi penerima beasiswa yang tidak kembali ke Indonesia. Ia kemudian menjelaskan bahwa nominal beasiswa yang diterima tiap orang akan berbeda-beda tergantung perguruan tinggi dan lokasi tempat tinggal.

“Tuition fee tergantung dari tiap perguruan tinggi. Living cost berdasarkan negara masing-masing. Dan juga di-cluster berdasarkan kota. Misalkan, kita kelompokkan London dan luar London. Intinya kita sesuaikan agar yang kuliah tidak merasa susah. Full scholarship sampai wisuda, sampai pulang,” ujar Eko.

Selain beasiswa untuk kuliah, ternyata penerima BPRI juga akan mendapatkan keuntungan lain berupa uang dan juga pelatihan sesuai bidang studi. Mahasiswa S2 akan mendapatkan tambahan Rp 50 juta sedangkan yang S3 mendapat Rp 100 juta.

“Itu ada tambahan benefit karena seleksinya susah. BPRI minimal menerima 100 orang dalam setahun. Kalau lebih dari itu asal memenuhi syarat ya bagus. Batas akhir pendaftaran untuk tahun ini adalah 20 April 2014,” jelas Eko.

Berdasarkan poster yang dirilis oleh Kemendikbud, berikut persyaratan untuk mendaftar Beasiswa Presiden RI (BPRI) atau Indonesia Presidential Scholarship:

1. Warga Negara Indonesia
2. Telah diterima (memiliki Letter of Acceptance – LoA) di 50 perguruan tinggi terbaik dunia.
3. Bagi yang belum memperoleh Loa: IPK minimal 3,5 (skala 1-4), kemampuan Bahasa Inggris minimal TOEFL-iBT = 94 / TOEFL-ITP = 587 / IELTS = 7
4. Usia saat mendaftar maksimal 35 tahun (magister) dan 40 tahun (doktor).
5. Memperoleh rekomendasi dari tokoh di bidangnya/pimpinan di unit kerjanya
6. Memiliki riwayat kepemimpinan atau riwayat riset pada bidangnya masing-masing
7. Membuat essay rencana karier dan pengabdian pasca studi

Fokus Studi: Pertanian, Pangan, Energi, IT, Teknik, Sains, Telekomunikasi, Ekonomi, Keuangan, Bisnis, Ekonomi Kreatif, Hukum, Pertahanan, Agama, Kedokteran/Kesehatan, Ilmu Politik, Sosial, Budaya

Registrasi Online melalui www.lpdp.depkeu.go.id

Share entrepreneurship

Telah di Baca 692 kali

Ditulis oleh Tata Sumitra dan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.