H-3 Penutupan, Pendaftar 691 Ribu

Telah di Baca 747 kali

JAKARTA – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2014 ditutup Senin lusa (31/3). Hingga tiga hari jelang penutupan tersebut, panitia mencatat jumlah pelamar mencapai 691.203 siswa. Siswa diminta antisipasi potensi padatnya aktivitas registrasi di hari akhir.

Sekretaris Kelompok Kerja (Pokja) SNM PTN 2014 Bambang Hermanto mengatakan, dari pelamar yang sudah masuk, sebanyak 139.843 siswa mendaftar program bidik misi (beasiswa pendidikan mahasiswa miskin).

“Meskipun Senin (31/3) tanggal merah, pendaftaran tetap dilayani. Basis kami adalah pendaftaran online,” katanya kemarin.

Bambang meminta siswa yang berminat melamar SNM PTN 2014 segera menuntaskan alur pendaftaran. Bisa jadi saat ini banyak siswa yang masuk ke laman pendaftaran online SNM PTN, tetapi belum menuntaskan alur pendaftaran.

Hari-hari terakhir masa pendaftaran cukup krusial. Biasanya tingkat pendaftaran yang masuk ke server panitia cukup tinggi. Hal itu berpotensi membuat koneksi macet.

Panitia menargetkan jumlah pelamar hingga satu juta siswa. Hal itu mengacu pada populasi siswa kelas III SMA dan sederjat di Indonesia yang cukup banyak. Selain itu, pendaftaran SNM PTN ditalangi negara alias gratis.

Bambang berharap akses masuk ke kampus negeri melalui SNM PTN dimanfaatkan secara maksimal. Keuntungan mengikuti seleksi ini adalah siswa tidak perlu repot-repot mengerjakan ujian tulis. Penilaian didasarkan pada rekam jejak nilai rapor dan dikatrol oleh hasil ujian nasional (unas).

Proses seleksi nilai dilaksanakan mulai 1 April hingga 26 Mei. Sedangkan pengumuman kelulusan pada 27 Mei. Pelamar yang tidak lulus SNM PTN 2014 masih berpeluang masuk ke PTN melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBM PTN).

Seleksi itu menggunakan skema ujian tulis. Aturan pelaksanaan SBM PTN terpisah dari SNM PTN. Pendaftaran SBM PTN 2014 dilaksanakan secara online mulai 12 Mei hingga 6 Juni. (wan/ca)


sumber: jpnn.com

Share entrepreneurship

Telah di Baca 747 kali