Gemar Jurnalistik? Yuk Ikut Lomba Karya Jurnalistik Siswa!

Telah di Baca 697 kali

Jakarta (Dikdas): Ada sebuah tantangan menarik bagi siswa-siswi SMP yang gemar jurnalistik. Tahun ini, Direktorat Pembinaan SMP menggelar Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS). Asal berkewarganegaraan Indonesia dan terdaftar aktif sebagai siswa SMP/SMP Terbuka, SD-SMP Satu Atap baik negeri maupun swasta, siapapun boleh ikut menjadi peserta.

Karya yang dilombakan berupa karya jurnalistik berbentuk buletin. Temanya “Kegiatan Jurnalistik Menumbuhkembangkan Siswa yang Berkarakter”. Ada sejumlah ketentuan yang harus dipenuhi dalam buletin tersebut.

  1. Hasil kerja tim redaksi.
  2. Hasil karya asli (original) siswa.
  3. Tidak mengandung SARA, kekerasan, dan pornografi.
  4. Terdiri dari 12-16 halaman.
  5. Berisi rubrik-rubrik yang bervariasi.
  6. Ditulis dalam tiga jenis yaitu berita, karangan khas (feature), dan opini.
  7. Berita harus memenuhi unsur 5W+1H, piramida terbalik, dan standar kelayakan berita.
  8. Menggunakan bahasa Indonesia ragam jurnalistik.
  9. Memenuhi unsur artistik.
  10. Dikirim ke alamat panitia pusat disertai surat pengantar kepala sekolah dengan lampiran alamat lengkap sekolah (nama, alamat, kabupaten/kota, provinsi, e-mail, laman, telepon/HP, kode pos).

Objek liputan memuat tema-tema yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan karakter di sekolah seperti prestasi siswa dan guru, budaya membaca di sekolah, dan  tradisi menghormati yang lebih tua dan menghargai sesama. Buletin dikirim ke alamat: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Jl. Jenderal Sudirman Gedung E lantai 17, Senayan, Jakarta 10270. Paling lambat buletin diterima panitia pada 30 September 2014.

Penilaian pemenang dilakukan melalui dua tahap. Tahap I, seleksi terhadap seluruh karya jurnalistik yang masuk ke panitia pusat untuk menentukan finalis yang akan diundang sebagai peserta LKJS tingkat nasional. Tahap II, seleksi terhadap presentasi finalis dan hasil kemas media untuk menentukan juara tingkat nasional. LKJS tingkat nasional digelar di Yogyakarta pada 26 Oktober-1 November 2014.

Panitia sudah menyiapkan hadiah menggiurkan untuk para pemenang, yaitu medali (emas, perak, perunggu), piagam, dan penghargaan lainnya dari Kemdikbud. Jadi siswa, apa lagi yang ditunggu?! Ayo ikut dan jadi pemenang!* (Billy Antoro)

Share entrepreneurship

Telah di Baca 697 kali