Virus peretas ditemukan di komputer PM Belgia

Telah di Baca 1110 kali

“Sebuah virus berhasil terdeteksi di sejumlah komputer pemerintah federal dan diketahui berhubungan dengan sebuah server yang berada di Hongkong”

virus 2013TataSumitra.Com, – Tim ahli yang menyelidiki tingkat keamanan jaringan komputer pemerintah Belgia menemukan sebuah virus di komputer yang ada di Kantor Perdana Menteri Belgia, Elio Di Rupo, kata pemerintah pada Jumat.

“Sebuah virus berhasil terdeteksi di sejumlah komputer pemerintah federal dan diketahui berhubungan dengan sebuah server yang berada di Hongkong,” kata kantor Perdana Menteri dalam pernyataan, lapor Reuterts.

Namun, pihak pemerintah Belgia belum dapat menyimpulkan hubungan serangan virus berkemampuan meretas jaringan itu dengan pihak tertentu karena belum adanya bukti yang cukup.

Pemerintah Belgia mengatakan pihaknya telah memperketat keamanan jaringan dan memasang sistem deteksi virus tambahan. Mereka juga berencana untuk meningkatkan anggaran keamanan cyber pada 2014 mendatang.

Pada Mei lalu, para peretas berhasil mengirim surat elektronik (email) melalui akun pribadi Perdana Menteri Di Rupo kepada sebuah surat kabar Belgia “De Morgen”.

Email itu sendiri tidak dipublikasikan.

Secara terpisah, Belgium juga tengah menyelidiki dugaan pengintaian intelijen asing terhadap perusahaan telekomunikasi terbesar di negara itu, Belgacom, yang juga merupakan operator terdepan dalam penyediaan jaringan data dan telepon di wilayah Afrika dan Timur Tengah.

Belgacom sendiri telah melayangkan komplain atas beberapa usaha peretasan yang dilakukan terhadap server dan komputer mereka.

Kasus peretasan besar terakhir kali terjadi di Belgia pada Mei tahun lalu ketika para “hacker” berupaya memeras anak perusahaan Bank Belgia Belfius (dulu bernama Dexia).

Saat itu diketahui bahwa para peretas mengklaim telah memiliki data-data gaji dan nomor KTP para nasabah bank tersebut.

Para peretas yang meminta dana 150.000 euro itu mengancam akan akan menyebarkan data-data rahasia para nasabah tersebut di Internet.

Share entrepreneurship

Telah di Baca 1110 kali