Ingin Kuliah Cepat Selesai & wisuda tepat waktu ? , Coba Jalankan Tips ini !

Telah di Baca 1870 kali

Jakarta, (TataSumitra.Com): Dunia perkuliahan memang memiliki banyak warna dan makna bagi kita yang pernah menjalani atau yang kini sedang berada dalam masa-masa kuliah, banyak cerita yang terukir kala masa kuliah itu, semua tentu akan menjadi sejarah cerita masa lalu kita.Tapi perlu diingat bagi kita yang sedang dan masih berada di dunia perkuliahan bahwa kita harus mengingat tujuan awal kita kuliah, yakni menyelesaikannya dengan sesingkat mungkin.

Tentu tak jarang mahasiswa sekarang yang awal ketika mereka menjadi mahasiswa masih giat belajar, masuk kelas, namun ketika tingkat smester mulai tinggi maka lambat laun mereka mulai melupakan yang menjadi tujuan mereka, tingkat kemalasan mulai meningkat dan tentu ini akan mengakibatkan kita sulit untuk menyelesaikan kuliah kita ini.
Dan pada kesempatan ini saya akan menjelaskan Tips dan cara agar wisuda tepat waktu :

1. Bergaul Dengan Kawan Yang Serius Mengerjakan Skripsi

Faktor ini juga sangat berpengaruh bagi Anda, khususnya lingkungan sekitar mulai dari teman dan dengan siapa anda sering bergaul. Jika Anda membiasakan diri bergaul dengan mereka-mereka yang memang serius untuk menyelesaikan skripsi maka secara spontan Anda pun akan ikut serius dan ter-motivasi teman-teman Anda tersebut. Dan berhati-hatilah jika ternyata teman di sekeliling Anda malah meremehkan dan selalu mengeluh mengenai skripsi maka Anda juga akan tertular seperti itu.

 2. Alasan Mengapa Anda Wisuda tepat Waktu

Dalam sebuah universitas memiliki prosedur dan peraturan berbeda-beda untuk masa berapa lama mahasiswa mereka, ada universitas yang langsung men-droup out mahasiswa mereka yang telah lama tak kunjung jua menyelesaikan skripsinya.
Anda harus memotivasi diri Anda sendiri mengenai alasan apa yang membuat Anda ingin wisuda tepat waktu, alasan yang bisa Anda tanamkan Andalah umur Anda semakin bertambah dan tentu Anda tak ingin tua di kampus bukan, kemudian alasan yang kedua mengenai biaya, karena setiap tahunnya tentu biaya di kampus Anda semakin lama akan semakin meningkat. Dengan Anda menyelesaikan kuliah tentu Anda juga Akan meringankan beban orang tua Anda yang membiayai kuliah Anda selama ini.

3. Jangan Menunggu mood Datang, sediakanlah waktu khusus

Masa ketika Anda menjadi seorang mahasiswa memang sebuah masa yang sangat menyenangkan dibanding masa sekolah dulu, pasalnya Anda tidak harus terus-menerus bangun pagi untuk masuk, karena jadwal kuliah bisa beda-beda, malahan ketika dosen yang bersangkutan berhalangan hadir maka Anda akan memiliki waktu luang untuk tidak pergi ke kampus. nah tahukah Anda bahwa kebiasaan seperti itu lama-kelamaan juga akan terbiasa dan terus terbawa hingga Anda dalam proses penyusunan skripsi. Dalam proses skripsi jangan lah Anda menunggu mood Anda datang baru Anda akan mengerjakannya.

Satu cara terbaik adalah dengan membiasakan diri layaknya ketika Anda sekolah, Anda diharuskan untuk bangun pagi guna untuk masuk kelas tanpa terkecuali, dan pada masa sekolah Anda tidak akan menunggu mood datang baru masuk sekolah, melainkan Anda setiap harinya harus bangun pagi untuk pergi sekolah. Dan dengan cara itu maka Anda menyediakan waktu untuk tetap menyempatkan mengerjakan skripsi atau untuk menjumpai sang dosen pembimbing Anda.

4. Ketahuilah Jadwal Pelaksanaan Wisuda di Kampus

Kebanyakan para mahasiswa masih tak terlalu perduli mengenai kapan jadwal wisuda yang ditentukan oleh kampus, mereka malah cendrung berfokus terhadap pengerjaan skripsi.

Sejatinya itu adalah paradigma yang salah, karena mengetahui jadwal kapan wisuda akan dilangsungkan juga menjadi sebuah lecutan dan deadline masa pembuatan skripsi.Kita bisa men-targetkan kapan skripsi kita harus sudah selesai.
Selain itu untuk proses pendaftaran wisuda juga merupakan hal yang bisa kita daftar kapan saja, pihak kampus juga membatasi quota mahasiswa yang akan diwisuda. dengan ini tentu untuk mewanti-wanti Anda agar tidak terlambat mendaftarkan diri untuk mengikuti wisuda.

5. Susun lah Program Pembuatan Skripsi

Program penyusunan penyelesaian skripsi juga sangat perlu Anda manage terlebih dahulu. Setelah Anda mengetahui kapan jadwal diadakan wisuda maka selanjutnya Anda menyusun jadwal untuk program penyelesaian skripsi Anda. Secara garis besar waktu untuk menyelesaikan skripsi selama 1 smester atau sekitar 4 bulan, dan itu tidak termasuk libur akademik kampus. Nah dengan demikian Anda bisa mengatur dan menjadwalkan mengenai proses pengerjaan skripsi anda. Jika dalam  kurun waktu 4 bulan atau sebut saja kita memiliki lebih kurang 16 minggu untuk mengerjakan skripsi, maka bagi lah dan jadwal kanlah waktu itu untuk proses penyelesaian skripsi Anda.

6. Rajin lah Berkunjung Keperpustakaan.

Berkunjung keperpustakaan berguna untuk Anda melihat seperti apa bentuk dan cara penformatan skripsi itu, carilah skripsi mahasiswa terdalu yang kira-kira sesuai dengan topik judul Anda, yang berguna untuk proses pemikiran mengenai bagaimana bentuk dan struktur skripsi Anda nantinya. Dengan sering berkunjung dan melihat serta membaca skripsi orang lain maka mengerjakan skripsi bukanlah menjadi hal yang menakutkan lagi.

Sekian sedikit Tips Agar Wisuda Tepat Waktu Bagi Para Mahasiswa. Semoga ulasan ini bisa memotivasi Anda untuk mempercepat dan fokus mengenai proses penyelesaian kuliah Anda dan skripsi Anda. mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua.


Telah di Baca 1870 kali