Kuliah di ITB Rp 10 Juta Per Semester

Telah di Baca 853 kali

25-02JAKARTA, KOMPAS.com — Pemberlakuan uang kuliah tunggal (UKT) di perguruan tinggi negeri juga dilaksanakn Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun ini.

ITB tidak lagi memberlakukan pembiayaan pendidikan dengan menggunakan komponen biaya penyelenggaraan pendidikan yang dibayar di muka (BPPM) dan biaya penyelenggaraan pendidikan per semester (BPPS).

Dari laman resmi ITB, Rabu (27/2/2013), diperoleh informasi mulai tahun ini, ITB menerapkan ketentuan UKT bagi mahasiswa ITB 2013 di fakultas/sekolah non-Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).

ITB menetapkan UKT (non SBM) sebesar Rp 10 juta per semester.

Bagi para mahasiswa akan disediakan berbagai beasiswa yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orangtua sehingga bagi para mahasiswa akan dikenai biaya pendidikan per semester yang besarnya berkisar Rp 0-Rp 10 juta.

Nanan Hendayana, Kepala Seksi Kesejahteraan Lembaga Kemahasiswaan ITB, mengatakan, calon mahasiswa yang terbatas finansialnya tidak perlu ragu mendaftar di ITB. Kuota beasiswa Bidik Misi di ITB dari pemerintah cukup besar.

Dimulai dari tahun 2010 dengan kuota 450, kemudian di 2011 dengan kuota 700, dan tahun 2012 dengan kuota 800. “Mudah-mudahan tahun 2013 ini ada kenaikan lagi,” ujar Nanan.

Para calon mahasiswa sepatutnya tidak merasa takut jika terkendala masalah finansial. Kuota yang dimiliki ITB sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk memfasilitasi jumlah mahasiswa yang membutuhkan bantuan.

Menurut Nanan, pada 2012 jumlah pemohon yang berasal dari SMPTN undangan dan tulis hanya berjumlah sekitar 500 orang dari kuota 800 orang yang disediakan pemerintah.

“Untuk itu, kami memiliki tim verifikasi untuk menyelidiki mahasiswa-mahasiswa yang sebenarnya juga membutuhkan bantuan bidik misi ini,” papar Nanan.

Penulis : Ester Lince Napitupulu
Editor : Tjahja Gunawan Diredja
Repro: http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/27/20140088/Kuliah.di.ITB.Rp.10.Juta.Per.Semester

Share entrepreneurship

Telah di Baca 853 kali

Ditulis oleh ttsumitra dan

Komentar di non-aktifkan.