Panduan Penulisan Ilmiah 02

Telah di Baca 1854 kali

Bagi Anda Mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhir, kadang kala disibukan dengan bagaimana membuat struktur penulisan yang baik yang sesuai dengan aturan akademik.
disini saya akan sajikan tahapan tahapan penulisan.
Bahan-bahan pra-isi:
1.   Lembar Judul

2.   Lembar Pengesahan

3.   Abstrak & Kata Kunci

4.   Kata Pengantar

5.   Daftar Isi

6.   Daftar tabel (jika ada)

7.   Daftar gambar (jika ada)

Bahan-bahan pra-isi

Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah: (a)  lembar judul ; (b)  lembar persetujuan dari pembimbing dan ketua jurusan ; (c)  kata pengantar ; (d)  daftar isi ; (e)  daftar tabe / jika ada ; (f)  daftar gambar / jika ada.

a.   Lembar Judul

lembar ini terletak pada bagian dalam cover utama / sampul Penulisan Ilmiah dan berisikan judul PI.  Rumusan judul PI hendaklah menggambarkan tema atau masalah pokok penulisan yang dikaji.  Lembar judul selengkapnya dapat dilihat pada gambar berikut:

tata sumitra

Halaman Depan Penulisan Ilmiah


b.   Lembar Pengesahan

tata sumitra

Lembar Pengesahan

c.   Abstraksi dan Kata Kunci

Abstraksi ini berisikan: (1)  Nama Penulis ; (2)  Nomor induk mahasiswa ; (3)  Judul PI ; (4)  Sejarah singkat masalah pokok penulisan ; (5)  Ringkasan sistem yang berjalan dan perancangan sistem yang diusulkan ; (6)  Metode perancangan sistem; (7)  Kesimpulan umum dari penulisan yang dibuat.

Abstraksi ini ditulis/diketik satu spasi dan tidak lebih dari 300 kata, lebih-kurang satu halaman.

Tata Sumitra

Abstraksi

d.   Kata Pengantar

Bagian ini berisikan uraian yang mengantarkan pembaca pada tema atau masalah pokok penulisan yang ditetapkan dan dirumuskan untuk diteliti serta hasilnya akan disajikan dalam penulisan ilmiah.  Juga dikemukakan alasan-alasan memilih tema tersebut dan manfaat praktis serta teoritis pemecahan masalah tersebut.  Kemudian dikemukakan kesukaran-kesukaran yang dihadapi penulis, baik ketika melaksanakan penulisan maupun pada saat penyusunan bahan penulisan ilmiah.  Apa yang telah diusahakan oleh mahasiswa untuk mengatasi kesukaran-kesukaran tersebut, bagaimana peranan pembimbing, siapa lagi yang turut membantu secara langsung (jika ada) dan berupa bantuan apa yang diberikan, juga kemukakan dalam kata pengantar.

Terakhir dituliskan ucapan terima kasih kepada yang telah memberikan bantuan secara langsung dan yang dianggap penting-penting saja.

Pada bagian terakhir ditulis nama kota dan tanggal penulisan ilmiah selesai ditulis, kemudian kata Penulis, yang ditulis pada baris berikutnya di bawah nama kota dan tanggal penulisan.  Nama dan tandatangan penuils tidak dicantumkan.

d.   Lembar Daftar Isi

lembar ini berisikan keterangan-keterangan mengenai bahan-bahan pra-isi, isi dan penutup, dilengkapi dengan nomor halaman.  Pada keterangan mengenai susunan isi, selain nomor halaman untuk judul bab, untuk judul-judul sub-bab juga diberi nomor halaman.

tata sumitra

Daftar Isi

e.   Lembar Daftar Gambar

lembar ini dibuat dengan sistematika yang sama dengan daftar isi.  Tuliskan “Gambar….” beserta nomor urut gambar dan halamannya.
f.    Lembar Daftar Tabel

lembar ini dibuat dengan sistematika yang sama dengan daftar isi.  Tuliskan “Tabel….” beserta nomor urut tabel dan halamannya.
Data Lengkap Klik Di sini  Panduan Penulisan Ilmiah

Share entrepreneurship

Telah di Baca 1854 kali

Ditulis oleh ttsumitra dan

Komentar di non-aktifkan.

Wisuda Ke 10 STMIK Muhammadiyah Jakarta