Penulisan ilmiah : Aplikasi Katalog Perpustakaan Dengan Menggunakan Visual Basic 6.0.

Telah di Baca 3589 kali

BAB I PENDAHULUAN

1.1        Latar belakang masalah

Di era milenium ini, informasi jelas sangat dibutuhkan oleh semua orang dari semua kelompok dan lapisan masyarakat. Informasi menjadi salah satu kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan, bukan hanya oleh pembuat keputusan tingkat atas seperti direktur, manajer. Tetapi juga dibutuhkan oleh setiap pengambil keputusan tingkat menengah dan tingkat bawah seperti mahasiswa, ibu rumah tangga dan lain-lain. Salah satu sarana informasi yang berkembang saat ini adalah komputer, selain televisi, radio, Koran dan sebagainya. Tetapi dilihat dari perkembangan sarana informasi tadi, perkembangan saran informasi komputer lebih cepat dari yang lainnya.

Sekarang komputer terbukti digunakan sebagai alat Bantu dalam mengolah data dan informasi. Komputer telah banyak sekali membantu menyelesaikan dan mengatasi masalah dari yang paling mudah hingga yang paling rumit. Salah satu keuntungan komputer adalah menghemat tempat dalam menyimpan berkas dan data seperti halnya jika ingin membuat katalog buku-buku dalam sebuah perpustakaan.

Koleksi buku yang banyak pada sebuah perpustakaan memerlukan katalog  yang bisa memudahkan peminjam buku, Karena sering atau pernah peminjam buku kesulitan dalam memilih dan mencari buku yang diinginkan dan yang tepat saat diperlukan.

Suatu saat ketika sedang mencari data atau informasi dari sebuah buku, maka mau tidak mau kita harus membuka buku katalog yang begitu tebal. Sehingga itu cukup memakan waktu, cara seperti ini disebut juga dengan cara manual. Akan tetapi jika hal itu sudah dilakukan dengan menggunakan komputerisasi maka pekerjaan seperti tadi tidak akan terjadi.

Oleh karena itu penulis ingin mengembangkan atau membuat suatu aplikasi program komputer yang bisa mengatasi masalah tadi dan mempermudah para peminjam sebuah perpustakaan.

1.2    Batasan masalah

Batasan masalah yang akan dibahas kemampuan database pada visual basic 6.0. yang menggunakan sistem operasi windows 98 untuk membuat aplikasi program katalog perpustakaan. Katalog perpustakaan yang dimaksud adalah suatu daftar buku yang berisi judul buku, nama pengarang, penerbit, tahun, kode buku dan daftar itu disusun berdasarkan jenis buku.

1.3    Tujuan penulisan

Tujuan penulisan ilmiah ini adalah untuk memudahkan perpustakaan dalam menyusun katalog yang mudah digunakan oleh peminjam buku dan menghemat waktu dalam pencarian buku tersebut, sehingga pelayanan kepada peminjam buku menjadi baik, cepat dan efisien.

1.4     Metode penulisan

Dalam penulisan ilimiah ini, penulis mengambil metode penulisan studi pustaka. Maksudnya penulis mengambil data-data atau bahan yang bersumber dari buku-buku.

1.5     Sistematika penulisan

Untuk memudahkan cara mempelajari dan menganalisa, penulis menguraikan isi penulisan ke dalam 4 bab, dimana tiap-tiap bab saling berhubungan satu sama lain. Bab-bab tersebut adalah :

BAB I        :  PENDAHULUAN,

Membahas latar belakang masalah, tujuan penulisan, metode    penulisan, dan sistematika penulisan

BAB II      :  LANDASAN TEORI,

Membahas katalog perpustakaan, Diagram alur (Flowchart), sekilas mengenai visual basic 6.0, fasilitas database pada visual basic dan pengenalan windows 98.

BAB III     :  PEMBAHASAN

Membahas analisa masalah, hirarki program, Desain input/output, flowchart, proses program, dan cara menjalankan program serta konfigurasi hardware dan software.

BAB IV      : PENUTUP

Berisi tentang kesimpulan dan saran.

Selain keempat bab tersebut diatas, terdapat juga lampiran yang berisi listing program dan output program.

selengkapnya klik di sini untuk Downloud:

1. Daftar isi

2. Abtraksi

3. Daftar Gambar

4. Daftar Tabel

5. Bab I  Pendahuluan

6. Bab II Landasan Teori

7. Bab III Pembahasan

8. Bab IV  Penutup

9. Daftar Pustaka

10.  Lampiran.

==============================================================================================
Tata Cara Downloud :
Semua Link Downloud melalui situs ADF.ly,
apabila anda mengklik link untuk menDownloud Files ,maka akan muncul situs Adf.ly
dan anda tunggu sekitar 5 second, Lalu akan muncul SKIP AD berwarna kuning,
Lalu anda klik SKIP AD. link akan menampilkan situs dimana files berada.
Kebanyakan kami menyimpan files di situs Ziddu.COM
Semoga yang kami sajikan bermanfaat untuk anda
Terimakasih atas Kunjungannya  !!
==============================================================================================

Share entrepreneurship

Telah di Baca 3589 kali

Ditulis oleh ttsumitra dan

Komentar di non-aktifkan.

Wisuda Ke 10 STMIK Muhammadiyah Jakarta