software gratis

HAKEKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (BBM)

No Comments

Telah di Baca 2230 kali

HAKEKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

 Pencapaian kompetensi oleh siswa di sekolah dasar sangat dipengaruhi oleh proses belajar yang dilakukannya. Proses belajar tersebut biasanya dikendalikan oleh guru berdasarkan kurikulum yang berlaku. Agar guru dapat membimbing siswa ke arah proses belajar dan pembelajaran yang tepat, maka guru mau tidak mau harus memiliki pemahaman yang baik mengenai konsep belajar itu sendiri dan beberapa teori-teori belajar yang ada saat ini.

Dalam bahan belajar mandiri (BBM) ini, Anda akan diantarkan kepada suatu pemahaman mengenai konsep belajar dan pembelajaran, serta beberapa teori belajar secara lebih teoretis dan penerapannya dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Setelah mempelajari BBM ini, diharapkan Anda dapat memahami hakekat belajar dan pembelajaran di sekolah dasar, secara lebih khusus, Anda diharapkan dapat:

  1. membedakan konsep belajar dan pembelajaran
  2. Mengidentifikasi prinsip pembelajaran
  3. Membandingkan hakekat pembelajaran di kelas rendah dan kelas tinggi di sekolah dasar

Untuk membantu Anda dalam mempelajari BBM ini, ada baiknya diperhatikan beberapa petunjuk belajar berikut ini:

  1. Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan BBM ini sampai Anda memahami secara tuntas tentang apa, untuk apa, dan bagaimana mempelajari BBM ini.
  2. Baca sepintas bagian demi bagian dan temukan kata-kata kunci dari kata-kata yang dianggap baru.
  3. Tangkaplah pengertian demi pengertian dari isi BBM ini melalui pemahaman sendiri dan tukar pikiran dengan mahasiswa lain atau dengan dosen Anda.
  4. Untuk memperluas wawasan, baca dan pelajari sumber-sumber lain yang relevan. Anda dapat menemukan bacaan dari berbagai sumber, termasuk dari internet.
  5. Mantapkan pemahaman Anda dengan mengerjakan latihan dalam BBM dan melalui kegiatan diskusi dengan mahasiswa lainnya atau teman sejawat.
  6. Jangan dilewatkan untuk mencoba menjawab soal-soal yang dituliskan pada setiap akhir kegiatan belajar. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah Anda sudah memahami dengan benar kandungan BBM ini.

 

Materi/modul : Bahan Belajar Mandiri Klik di sini

Share entrepreneurship

Telah di Baca 2230 kali